Minggu, 09 Juni 2013

Apa makna hidup menurut mu?

Jika di tanya tentang makna kehidupan,tentunya setiap orang akan memiliki jawaban yang berbeda-beda.Hal ini tentu menjadi hal yang masuk akal,karena memang pertanyaan tersebut mempunyai jawaban yang bersifat relatif.

Jawaban sederhana hingga jawaban rumit akan di peroleh dari pertanyaan tersebut.Sederhana misalnya,makna hidup adalah bekerja ,kalau enggak kerja gimana kita punya uang untuk menopang hidup kita.Ada juga yang mengatakan makna hidup adalah bagaimana caranya kita tidak sekedar hidup saja melainkan harus bermanfaat bagi sesama dan alam sekitar,bahkan kalau bisa ya semaksimal mungkin.Kalau untuk aku pribadi saat ini sih,lebih sreg dan nyaman dengan jawaban yang terakhir ini karena sepertinya lebih sesuai dengan diri ku.

Menurutku hidup tidak hanya sekedar makan,minum,bertumbuh tetapi kita juga harus punya kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar kita.ada kepuasan tersendiri jika kita dapat bermanfaat bagi sesama.Apalagi jika kebermanfaatan kita tersebut dapat berjalan maksimal.

Kalau sekedar makan dan minum,tentunya hewan pun melakukannya.Tapi bagaimana kita menjadi pribadi yang bermanfaat selama hidup tentulah menjadi nilai lebih yang perlu kita lakukan.Hal tersebut juga sesuai dengan apa yang di ajarkan oleh agama bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.

Lalu bagaimana caranya menjadi pribadi yang bermanfaat? Tentunya sesuai dengan keahlian dan kemauan dari pribadi yang bersangkutan.Kalau aku sering banget membayangkan suatu saat nanti mempunyai yayasan pendidikan gratis bagi anak-anak yang kurang mampu,yatim piatu,atau anak jalanan yang terlantar.Aku yakin anak-anak adalah bibit generasi cerdas yang perlu di perhatikan agar bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal dan di harapkan kelak dapat menjadi pribadi yang handal dan (lagi) bermanfaat juga bagi generasi nya.

Aduhai Bahagianya jika kita memiliki yayasan pendidikan gratis ,punya cabang di tiap propinsi,dan anak-anak yang kita didik tersebut menjadi pribadi yang membanggakan.tentu ini adalah suatu usaha kita yang dapat kita jadikan salah satu amal ibadah kita dalam meraih ridho tuhan.Bayangkan di saat hampir menutup mata di saat kita tua kelak,kita sudah menorehkan catatan kebaikan dalam sejarah sebagai salah satu bapak yayasan yang sukses bersama yayasan yang di pimpinnya.Alangkah indahnya hidup ini.Menurutku itulah makna hidup yang sesungguhnya.

Memang perjuangan ke arah sana tentunya sangat berat.Keihklasan hati sangat di perlukan.Namun Bukan merupakan suatu hal yang mustahil untuk di capai.Sering aku sharing dengan teman teman sekitar tentang cita-citaku ini.Banyak yang memberi dorongan,usulan,bahkan kritikan yang bernada mencemooh.Namun itu semua ku anggap sebagai motivasi bagi diriku untuk segera mewujudkannya.

Aku juga berjanji seandainya berhasil ,aku tidak mengharap balas jasa dari anak-anak tersebut karena aku punya keyakinan jika kita mempermudah urusan si A karena ikhlas mengharap ridho tuhan,maka suatu saat urusan kita juga di permudah oleh tuhan dengan cara yang belum tentu melalui bantuan dari si A.Tuhan tentu punya cara yang lebih indah untuk balik menolong kita.

Yang perlu di lakukan saat ini adalah konsentrasi berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya sambil berdo'a agar usaha kita di mudahkan dan selalu di beri keihklasan hati dalam mencapai cita-cita tersebut..

Itulah makna hidup menurutku dan cita-cita membangun yayasan sebagai jalan atau caraku untuk mencapai makna hidup tersebut.Tentunya temen-temen blogger punya banyak cara lain yang lebih indah dan menarik yang butuh untuk segera teman-temen wujudkan.


Jika ada diantara temen-temen blogger yang telah lebih dahulu berhasil membangun yayasannya,aku berharap bisa di share pengalamannya sebagai masukan bagiku.buat temen-temen blogger yang punya ide serupa dan masih dalam tahap mewujudkan seperti diriku,hendaknya kita saling memotivasi agar cita-cita kita segera tercapai..

semoga kita semua menjadi pribadi yang indah menurut diri kita maupun menurut pandangan tuhan yang senantiasa kita sembah dan tempat meminta pertolongan agar cita-cita kita di izinkan untuk menjadi kenyataan..Amin.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain

setjuuu

Unknown mengatakan...

terima kasih...

Posting Komentar