Sabtu, 01 Juni 2013

Naskah ceramah Isra' Mi'raj di desa.teluk,pemayung,batanghari,Jambi

Menjelang peringatan isra' Mi'raj di desa teluk,adik ku minta di buatkan naskah ceramah.Kebetulan dia di suruh menyampaikan ceramah oleh pihak masjid.Aku sempat bertanya-tanya,selama ini kan udah bisa buat ceramah sendiri,kenapa malah minta di buatkan naskah nya.
Adik mengatakan itu hanya sebagai referensi tambahan.Dia juga udah menyiapkan sendiri..Hmmmn..Baik lah kalau begitu..
Di bawah ini adalah Naskah ceramah yang ku buat ala kadarnya,mengingat waktu ku yang cukup sibuk,sehingga kurang mampu untuk menghasilkan naskah yang menarik...
Selamat menyimak naskah di bawah  ini..
"Assalamu’alaikum Wr. Wb".

Alhamdulillahirabbil alamin, washolatu wasalamu ala asyrafil anbiya’ wal mursalin, wa’ala alihi washohbihi ajma’in. Amma ba’du

Yang saya hormati, bapak kepala desa teluk beserta segenap staf jajaran administratif desa teluk kec.pemayung propinsi jambi ......

Yang saya hormati,bapak imam masjid beserta petugas syara’,
serta orang tua kami,para aulia ,cerdik pandai,tetua adat,yang kesemuanya itu turut berpartisifasi langsung dalam langgengnya nuansa khazanah islam di desa teluk ini.

Dan yang saya hormati masyarakat desa teluk,hadirin wal hadirot rokhima kumullah.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, hidayah dan inayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita bisa bertemu dengan salah satu bulan yang penuh keistimewaan dalam catatan sejarah islam yakni bulan rajab. bulan yang istimewa karena pada saat itu terjadi peristiwa penting yakni peristiwa israk mikraj nabi Muhammad SAW.

Selain itu tak lupa pula, salam serta sholawat kita limpahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad Saw., yang telah membawa kita dari alam kebodohan menuju ke alam yang penuh ilmu dan iman. Dari alam jahiliah berteknologi rendah menuju alam masa kini ,alam NANOteknologi.Allahumma sholli alla Muhammad wa alla ali sayidina Muhammad.

Hadirin walhadirot rokhima kumullah,,
pada kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan ceramah dengan judul “isra' mi'raj adalah suatu kebenaran islam yang tak terbantahkan hingga akhir zaman”

Hadirin walhadirot rokhima kumullah,,
Pada bulan Rajab kita senantiasa mengingat kembali peristiwa yang sangat besar, dimana dalam peristiwa isra’ mi’raj itulah Rasululloh Saw menerima perintah sholat lima waktu yang asal mulanya lima puluh waktu dalam sehari semalam.
Adapun yang dimaksud dengan isra’ dalam arti bahasa adalah perjalanan dimalam hari. Namun yang dimaksud dalam agama islam adalah perjalanan Rasulullah saw. dimalam hari dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha yang PENUH BERKAH disekelilingnya.

Hal tersebut sudah difirmankan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’anul Karrim surat Al Isra’ ayat satu yang berbunyi : Bismillahirohmanirohim…

Artinya : “Maha Suci Allah, yang Telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang Telah kami berkahi sekelilingnya. agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya dia adalah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui”.
.

Hadirin walhadirot rokhima kumullah,,
Adapun yang dimaksud dengan mi’raj menurut arti bahasa adalah naik keatas.,
namun yang dimaksud menurut syari’at agama islam adalah Allah menaikan Rasulullah saw. dari Masjidil Aqsha sampai Sidratil Muntaha, yaitu suatu tempat yang paling tinggi yang tak akan mampu manusia manapun, sekalipun menggunakan alat-alat canggih dalam kemajuan teknologi yang serba canggih ini, selain Rasulullah saw. yang telah dikehendaki oleh Allah SWT.

Disanalah beliau menerima perintah shalat lima waktu yang semula lima puluh waktu dalam sehari semalam, namun dengan kemurahan Allah dimohon keringanannya hingga tinggal lima waktu,, yang wajib dikerjakan oleh beliau beserta segenap umat nya.

Ringkasnya,peristiwa isra' mi'raj adalah yakni israk perjalanan nabi Muhammad dari masjidil haram menuju masjidil aqso lalu di lanjutkan dengan mikraj yakni perjalanan nabi Muhammad dari masjidil aqso ke sidratul muntaha yang hasilnya adalah produk ibadah sholat lima waktu,dan semua peristiwa itu hanya di terjadi dalam waktu semalam.Subhanalloh.

Hadirin walhadirot rokhima kumullah,,

Adapun hikmah dari peristiwa tersebut adalah menanamkan kekuatan batin beliau Rasulullah saw. atas cobaan atau musibah yang menimpa pada beliau sepeninggalan paman, kakek serta istri beliau yang tercinta yang semasa hidup mereka sebagai benteng terhadap serangan musuh-musuh beliau yang berusaha menghentikan perjuangan beliau.

Selain menanamkan kekuatan batin terhadap beliau, juga memberikan ujian terhadap segenap umat islam baik dizaman Rasulullah maupun dizaman sekarang. Dengan peristiwa Isra’ Mi’raj tersebut akan nampak bagi siapa yang beriman secara murni, maka akan lebih tebal imannya dengan peristiwa tersebut, karena peristiwa yang sehebat bagaimanapun tidak akan ada kesulitan apabila dikehendaki Allah SWT. Dan bagi orang yang imannya tipis akan berubah menjadi semakin hancur imannya, karena tidak percaya dengan peristiwa isra’ mi’raj tersebut apabila dipikir dengan akal.

Lalu,sebagai umat islam saat ini,bagaimana cara kita membuktikan kebenaran israk mikraj? Hal ini kita perlukan dalam rangka mempertebal iman kita kepada allah swt.

hadirin wal hadirot,pada saat ini ,telah terbukti kebenaran israk mikraj itu melalui pendekatan teknologi.bahkan negara2 barat yang nyata2 menentang kebenaran islam telah membuktikan sendiri kebenaran agama ini melalui teori2 dan pendekatan teknologi yang telah mereka lakukan.dan kebanyakan dari para ilmuwan barat akhir nya banyak yang berbondong2 memeluk agama islam.

Jika pada zaman dahulu,banyak yang menganggap isra’ mi’raj dalam semalam adalah suatu yang mustahil,maka zaman sekarang itu bukanlah hal yang tidak mungkin.
Banyak sekali fisikawan atau ahli ilmu fisika yang telah meneliti alam raya ini,telah menemukan teori bahwa bumi ini hanya seukuran debu di bandingkan planet lain yang jumlahnya milyaran di alam raya.

Sebaliknya dalam ilmu nanoteknologi oleh dr.ricard
Feynman di temukan bahwa ada mahluk hidup yang ukurannya semilyar LEBIH KECIL dari kutu air.

Bayangkan saja jika allah mampu menciftakan mahluk berupa alam raya yang tiada batas,maupun mahluk yang terkecil hingga lebih kecil semilyar dari kutu air, apalagi meng israk mikraj kan nabi Muhammad SAW,jelas jelas itu menjadi kejadian yang masuk akal bagi seorang muslim yang beriman…

Dengan demikian marilah kita pandai-pandai mengambil I’tibar atau contoh pelajaran yang baik, yaitu mempertebal keimanan kita dengan mengembalikan semua kejadian yang sehebat dan sesulit apapun akan mudah terjadi dengan kehendak serta kekuasaan Allah SWT.

Adapun sebagai perwujudan israk mikraj itu yakni kita menerima perintah untuk melaksanakan sholat 5 waktu.

bahwa shalat itu merupakan kewajiban pokok bagi umat islam selaku umat Muhammad, maka bisa kita perhatikan lewat sabda beliau:
ash sholaatu ‘imaadu ad diin, faman aqoomahaa faqod aqoomaddin waman hadaamaha faqod hadaamaddin; artinya:
“Shalat itu merupakan tiang agama (islam), maka barang siapa yang (telah) mendirikan shalat, maka dia (termasuk orang) yang telah mendirikan (membangun) agama, dan barang siapa yang meninggalkan shalat, maka dia (termasuk orang) yang sungguh-sungguh merobohkan agama (islam)”.

Hadirin walhadirot rokhima kumullah,,
Setelah kita perhatikan isi hadits tersebut, maka kita bisa menyimpulkan bahwa siapapun orangnya tidak boleh seenaknya meninggalkan kewajiban shalat, karena akibatnya merugikan diri kita sendiri, yakni akan menjadi orang yang menyesal selama-lamanya diakhirat kelak jika tidak secepatnya bertaubat (kembali) kepada Allah. Karena dianggap sebagai orang yang telah merobohkan agama Allah (agama islam). Untuk itu marilah kita berusaha sebaik mungkin dalam menunaikan kewajiban shalat sehari-hari dengan tulus ikhlas hanya mengharap keridhoan Allah semata.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan apabila ada kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

(1)Kayu lurus si pohon pinang
Hendak di tebang pakailah alat
Kalau lah jiwamu ingin tenang
Jangan lupa tegakkan shalat

(2)perahu tua masih tertambat
Terikat denga taki tang kuat
Sejak kecil mari kita sholat
Agar tua tidak terlambat.

(3) berguru ke tanah arab
Berharap pulang menjadi da’i
Jika saya salah dan khilaf
Mohon maaf ikhlaskan hati

Akhirul kalam wbilahi taufiq wal hidayah wassalamu alaikum warahmatullahi wabarokatuh.."
 
NB: untuk adik ku Adiansyah.semoga sukses ceramahnya ya..

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Bisa jadi referensi saya ini, terima kasih banyak ya.
visit Back yo...:
REVIEW DAN FORUM GAMER INDONESIA

Unknown mengatakan...

ya,sama-sama..

Posting Komentar